PTC NO SCAM

Lima Fakta Mengerikan Virus Flame

Posted on: Juni 1, 2012

Pembuat virus Flame yang menyerang delapan negara di Timur Tengah diduga adalah negara atau sejumlah negara yang melahirkan Stuxnet, kode komputer yang digunakan untuk menyerang program nuklir Iran pada tahun 2010.

Delapan negara yang pusat datanya diserang adalah Iran, Israel, Palestina, Sudan, Suriah, Libanon, Arab Saudi dan Mesir.

Laboratorium Kaspersky, seperti dikutip Reuters, produsen anti-virus, menemukan lima fakta tentang virus Flame ini:

Pertama, kompleksitas. Flame merupakan piranti paling rumit yang pernah ditemukan. Virus ini mengandung 20 kali lebih banyak kode dibanding Stuxnet. Dibuat dengan 20 modul, yang sebagian besar para periset belum memahaminya.

Kedua, keluasan. Ini merupakan alat pencuri data paling lengkap saat ini. Virus ini mampu merekam suara, akses ke komunikasi Bluetooth, bahkan memotret tampilan layar serta masuk ke perbincangan melalui pesan internet.

Ketiga, jaringan. Pembuat jariangan ini menggunakan 80 server di kawasan Asia, Eropa, dan Amerika Utara yang dikendalikan untuk menginfeksi mesin data. Bahkan virus ini mampu mengubah pengaturan (setting) komputer pribadi dan diam-diam mengumpulkan data curian. Saat ini, mungkin bisa dikenali semacam jaringan Control dan Command terbesar.

Keempat, korban. Iran merupakan korban paling besar, kemudian Israel, dan wilayah Palestina. Virus Flame juga muncul di Sudan, Syria, Libanon, Arab Saudi dan Mesir. Dalam perkiraan periset Kaspersky, saat ini ada skeitar 1.000-1.500 mesin di seluruh dunia yang terinfeksi virus tersebut.

Kelima, pelaku kejahatan. Para periset di Kaspersky menolak untuk menyampaikan negara yang mereka percayai berada di balik virus Flame. Hanya dijelaskan, pembuat Flame dan Stuxnet menggunakan teknik yang sama untuk menyerang komputer, sehingga diduga ini keduanya merupakan proyek sama dari satu negara.
flame virus computer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: