PTC NO SCAM

BIKIN RIBUT ROY SURYO DI USIR DARI PESAWAT

Posted on: Maret 26, 2011

Kehebohan terjadi di kabin pesawat Lion Air untuk penerbangan Jakarta-Yogkarta pukul 06.15, Sabtu, 26 Maret 2011. Anggota DPR dari Fraksi Demokrat Roy Suryo berebut kursi dengan penumpang lain.

Melalui akun Twitter @ernestprakasa, penumpang itu menceritakan kronologi kejadian. Saat boarding, ia mendapati kursinya telah diduduki Roy Suryo dan istrinya.

Mereka lalu berdebat. Masing-masing bersikukuh sebagai pemilik kursi. “Pas dicek,trnyata, *jreng2* tiket Roy Suryo a/ u/ flight jam 7.45,bukan 6.15. Tapi dia kekeuh gamo turun,pk bw2 nama dir.Lion Air,” demikian tweet @ernestprakasa.

Ketegangan yang tak segera teratasi itu membuat awak kabin belum bisa menutup pintu pesawat. Teriakan kapten pilot agar pintu segera ditutup juga sulit dipenuhi lantaran ada dua penumpang masih berdiri.

Sejumlah petugas akhirnya mengajak Roy berkomunikasi di tengah riuh penumpang yang meminta Roy turun. Beberapa saat kemudian, Roy dan istri akhirnya berdiri, meminta maaf kepada penumpang, dan turun dari pesawat. Penumpang pun bersorak dan pesawat diterbangkan setelah tertunda 15 menit.

Sementara terkait kejadian itu, Roy Suryo yang dihubungi VIVAnews.com memberikan klarifikasi bahwa kejadian itu merupakan pemutaranbalikkan fakta.

“Ini soal double seat dan saya mengalah,” ujarnya, Sabtu 26 Maret 2011.

Dijelaskan Roy, kejadian ini berawal dari rencananya untuk pergi ke Yogyakarta untuk urusan keluarga pada hari Minggu. Tapi dua hari sebelum berangkat, dia bertemu dengan Menkominfo Tifatul Sembiring yang mengajak ikut dalam sebuah acara di Bantul, pada hari Sabtu ini.

Karena undangan itu, Roy kemudian menghubungi agen perjalanan dan meminta mengganti jadwal penerbangan. “Saya dikasih tiket Lion Air, dan malam sebelum berangkat saya memastikan kembali bawa penerbangan untuk saya benar pukul 06.15 WIB,” ujarnya.

Pagi tadi, Roy sudah tiba di Bandara Soekarno Hatta pukul 05.00 WIB, dan cek in counter 24, dan bertemu dengan petugas bernama Volta, yang kemudian memberi dua boarding pas dan memberi tahu pesawat sudah stand by di gate A7.

“Kemudian dari A7 proses biasa. Tiket dilihat dan disobek. Saya diantar menuju pesawat, dan ditunjukan kuris 1a dan 1b. Loker saya bahkan sudah diletakkan di loker pramugari,” ujarnya.

Roy duduk sekitar 25 menit di kursi itu dan lima menit sebelum take off, sekitar pukul 05.10 WIB, ada rombongan pemain band, dan ada dua orang tidak kebagian kursi.

Dari sinilah kemudian terjadi kericuhan itu. Setelah itu datang petugas dan menghampiri Roy. “Maaf Pak boleh lihat boarding pas, Pak ini maaf jam 07.00 nanti,” kata ground staf.

Roy juga membenarkan kalau diri bicara denga petugas itu tentang siapa dirinya. “Saya memang bilang, ‘Maaf kamu tahu nggak saya siapa, karena dia meminta saya turun.”

“Saya juga sebutkan direktur di Lion, Andi Burhan, karena biasa dia pasti akan mencarikan soluri dan selesai. Tapi dikontak tidak aktif,” ujarnya.

Setelah datang petugas yang sebelumnya mengantar Roy Suryo, baru dipastikan ada kesalahan cetak jam penerbangan.

“Katanya karena kru malam tidak menginformasikan kepada kru pagi, saya dan istri saya langsung berdiri, dan mengumumkan ke penumpang dan mengatakan saya mengganggu penerbangan dan mohon maaf.”

Anggota DPR dari Fraksi Demokrat Roy Suryo bisa memaklumi pergunjingan terhadap dirinya di Twitter mengenai kesalahpahaman yang banyak disampaikan orang bahwa dirinya telah merubut kursi orang lain di pesawat Lion Air, Sabtu 26 Maret 2011.

“Itulah dunia Twitter. Saya tidak membenarkan, tapi biarkan masyarakat yang menilai. Saya serahkan semua kepada Allah,” ujarnya saat dihubungi VIVAnews.com, Sabtu 26 Maret 2011.

Tapi, Roy Suryo menyayangkan sikap Captain Vino yang diceritakan dalam akun Twitter @ernestprakasa telah mengucapkan kata-kata kotor, yang diakui tidak didengar Roy Suryo.

“Kejadian itu saya tidak melihat karena ada penghalang, harusnya saya dengar karena dekat. Saya dengar atau tidak, agar d klarifikasi,” ujarnya lagi.

Terkait hal itu, Roy Suryo sudah memberikan klarifikasi dan kejadian itu merupakan pemutaranbalikan fakta. “Ini soal double seat dan saya mengalah,” ujarnya.

Roy mengaku telah meminta maaf kepada penumpang dan menyalaminya. “Saya dan istri saya langsung berdiri, dan mengumumkan ke penumpang dan mengatakan saya mengganggu penerbangan dan mohon maaf,” katanya.

Insiden kecil yang terjadi di pesawat Lion Air jurusan Jakarta-Jogja pagi tadi dipastikan Lion Air lantaran nomor kursi yang dimiliki Roy Suryo sama dengan penumpang lain.

“Bukan double seat,” kata Humas Lion Air, Edward Sirait, ketika dihubungi.

Edward menceritakan, menurut pramugari pesawat yang dijadwalkan berangkat pukul 06.15, ada kelebihan penumpang di pesawat. “Setelah dicek boarding passnya, ternyata itu adalah tempat duduk yang di tempati beliau (Roy Suryo),” kata Edward

Kemudian, pramugari memeriksa boarding pas milik roy Suryo. Belakangan diketahui, Roy Suryo dijadwalkan berangkat pukul 07.45 WIB, bukan penerbangan pukul 06.15 WIB.

“Itu berdasarkan dokumen boarding pass, kemudian pramugari mengatakan Pak Roy penerbangan berikutnya dan beliau turun, itu saja,” ucap dia.

Dia juga menjelaskan, bahwa tidak ada komunikasi antara pilot dengan anggota DPR komisi I itu.

“Pilot hanya berkomunikasi dengan petugas darat untuk menyelesaikan masalah administrasi itu,” kata Edward.

Menurut dia, tindakan yang diambil oleh pilot sudah tepat, karena memang peraturannya demikian. “Kalau ada kelebihan penumpang pesawat belum boleh terbang,” sambungnya

Dia menjelaskan, setelah ada komunikasi antara pilot dan petugas darat, kemudian petugas darat meminta Roy Suryo untuk turun. “Itu saja, jadi bukan double seat, kok jadi ramai ya,” tutup Edward.

Kejadian heboh yang dialami penumpang pesawat Lion Air bersama Anggota DPR Fraksi Demokrat, Roy Suryo sempat masuk trending topik di Twitter.

Kehebohan itu sempat masuk dalam peringkat sembilan sekitar pukul 13.00 WIB. Kicau di jejaring sosial 140 karakter itu mulai ramai setelah akun Twitter @ernestprakasa menceritakannya

Tinggalkan Balasan

