PTC NO SCAM

Gempa 8,9 SR Bisa Picu Tsunami 5 Meter

Posted on: September 4, 2010

Tak bisa diperkirakan kapan terjadinya. Tapi potensi itu ada.
SABTU, 4 SEPTEMBER 2010, 14:24 WIB Umi Kalsum

Peta Gempa Aceh-Sumatera (www.acehrecoveryforum.org)
BERITA TERKAIT
Gempa Sumatera, 8,9 SR di Depan Mata
Gempa 5 SR Setara Bom Atom Nagasaki
Gempa Yogya 5 SR, 3 Orang Patah Tulang
Gempa Yogyakarta Rusak Bangunan Keraton
Terjadi Gempa Susulan, Warga Makin Panik
VIVAnews – Para ilmuwan terus meneliti energi besar yang masih tersimpan di bawah bumi Mentawai, Sumatera Barat. Energi itu konon bisa memicu gempa berkekuatan 8,9 skala richter. Para ilmuwan juga menghitung ancaman tsunami yang bisa terjadi di wilayah barat Sumatera ini.

Menurut ahli gempa dari LIPI, Prof Danny Hilman dalam penjelasan tentang potensi gempa Mentawai yang beredar di Youtube, gempa besar di Padang memiliki periodesasi tertentu.
Dari penelitian sejumlah ilmuwan, termasuk ilmuwan asing, gempa besar di wilayah ini dipisahkan dalam kisaran waktu 200 tahun yang disebut period of terror. Gempa besar di wilayah ini terakhir kali terjadi pada 1833.

Jadi, ada masa wilayah ini sepi gempa, dan satu masa terus menerus diguncang gempa. “Sekarang sudah hampir 200 tahunan, potensi ada. Kita punya dasar yang kuat. Kenyataan memang terjadi, 2007 lalu (gempa besar) tapi belum semua dilepaskan. Masih banyak yang tersimpan,” katanya.

Dalam perbincangan dengan VIVAnews, Sabtu 4 September 2010, Danny mengungkapkan, energi yang terlepas pada 2007 lalu baru 1/3-nya saja. “Artinya 2/3 masih tersimpan di sana, sampai sekarang,” kata Danny.

Untuk merekam gerak lempeng di wilayah barat Sumatera, para ahli menempatkan 34 sistem navigasi satelit (GPS). Dari situ kemudian dipetakan sumber gempanya.

Dari penelitian kemudian dibuat beberapa skenario. Karena pada 2007 belum semua energi terlepas, maka sisa energi yang belum dilepas kalau dihitung bisa mencapai 8,8 hingga 8,9 SR. “Itu persis di depan Padang. Jadi, ancamannya jelas, secara ilmiah ada dasarnya.”

Berdasarkan angka itu, kemudian diambil perkiraan tsunami yang bakal mengiringi gempa. Perkiraan terburuk, kata dia, tinggi gelombang tsunami bisa mencapai 5 meter. Gelombang pertama terjadi 30 menit setelah gempa, dan akan kembali terjadi satu jam kemudian.
Bahkan diduga dalam waktu dua jam dari gempa awal akan terjadi lagi gempa susulan cukup besar.
Kapan itu terjadi? “Kami para ilmuwan tak bisa memperkirakannya, bisa sebulan, bisa puluhan tahun. Kami hanya bisa mengatakan, bahwa potensi itu ada,” kata Danny. (pet)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: